Senin, 04 Oktober 2010

(TUGAS 1) PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK**

0
1. Sebutkan komponen - komponen yang terdapat dalam Java Development Kit!

2. Apa yang dimaksud dengan Token dan Identifier?

3. Sebutkan kegunaan dari Operator, Separator, Keyword Break dan Keyword Continue!

4. Buatlah program yang menampilkan tulisan: BELAJAR JAVA MEMANG MUDAH JIKA DILAKUKAN DENGAN TEKUN

5. Buatlah contoh program lain yang menggunakan Keyword Break dan Continue!

JAWABAN

(1). Komponen - komponen JDK :

Bin Compiler (Javac),Interpreter (Java) disebut juga Java Virtual Machine / Java Runtime Environment, Applet Viewer(appletviewer), Debbuger (Jdb), Java Class Library (Jcl), Header dan Stub Generator (Javah), Java Documentation (Javadoc).

(2). Pengertian dari :

Token adalah elemen terkecil di program yang masih memiliki arti.

Identifier adalah token yang merepresentasikan nama sesuatu. sesuatu tersebut adalah Variabel, atau Konstanta, atau Method, atau Kelas, atau Package, atau Interface.

(3). Kegunaan dari Token - Token berikut ini :

Operator, adalah untuk melakukan komputasi terhadap satu / dua objek data. Operan yang dioperasikan dapat berupa literal, variabel, atau nilai yang dikirim method.

Separator, adalah menginformasikan ke compiler java mengenai adanya kelompok kode program.

Keyword break, yaitu untuk keluar dari kendali percabangan switch, dan untuk keluar dari kendali perulangan.

Keyword continue, adalah untuk lompat ke perulangan berikutnya. Baris-baris program setelah keyword continue dalam blok perulangan saat itu berarti diabaikan.

(4). program yang akan menampilkan " BELAJAR JAVA MEMANG MUDAH JIKA DILAKUKAN DENGAN TEKUN"

class Latihan1 {
public static void main(String args[]) {
System.out.println("BELAJAR JAVA MEMANG MUDAH JIKA DILAKUKAN DENGAN TEKUN");
}
}

(5). * Contoh program dengan Keyword Break :

class latihan2 {
public static void main(String args[]) {
int i=0;
do {
i=i+2;
System.out.println(“3KA16”);
if (i==10) break; //Penggunaan Break
}while (i<=20);}}

output :

3KA16
3KA16
3KA16
3KA16
3KA16

     * Contoh program dengan Keyword Continue :

class latihan2{
public static void main (String args[ ]){
for (int i = 0; i<10; i++){
System.out.println(i + " " );
if (i % 2 == 0){
continue ; }
System.out.println() ; }
}
}

Output :

0 1
2 3
4 5
6 7
8 9

                             

Nama   : Puspa Nur FajarWati
Npm    : 11108527
Kelas  : 3KA16

FUNGSI BAHASA, RAGAM DAN LARAS BAHASA

0
BAB 1
FUNGSI BAHASA

1. Pengertian Bahasa
     Menurut Gorys Keraf, Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media tadi. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukannya sembarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri haruslah merupakan simbol atau perlambang.

2. Aspek Bahasa
     Bahasa merupakan suatu sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer, yang dapat diperkuat dengan gerak-gerik badaniah yang nyata.
     Simbol adalah tanda yang diberikan makna tertentu, yaitu mengacu kepada sesuatu yang dapat diserap oleh panca indra.

3. Benarkah Bahasa Mempengaruhi Perilaku Manusia?
     Menurut Sabriani (1963), mempertanyakan bahwa apakah bahasa mempengaruhi perilaku manusia atau tidak? Sebenarnya ada variabel lain yang berada diantara variabel bahasa dan perilaku. Variabel tersebut adalah variabel realita. Jika hal ini benar, maka terbukalah peluang bahwa belum tentu bahasa yang mempengaruhi perilaku manusia, bisa jadi realita atau keduanya.

   3.1. Bahasa dan Realita
        Fodor (1974) mengatakan bahwa bahasa adalah sistem simbol dan tanda. Yang dimaksud dengan sistem simbol adalah hubungan simbol dengan makna yang bersifat konvensional. Sedangkan yang dimaksud dengan sistem tanda adalah bahwa hubungan tanda dan makna bukan konvensional tetapi ditentukan oleh sifat atau ciri tertentu yang dimiliki benda atau situasi yang dimaksud.
       Richards (1985) menyebut kata table sebagai tanda meskipun tidak ada hubungan kausal antara objek (benda) yang dilambangkan kata itu dengan kata table.
      Bolinger (1981) menyatakan bahwa bahasa memiliki sistem fonem, yang terbentuk dari  distinctive features bunyi, sistem morfem dansintaksis. Penjelasan Bolinger (1981) tersebut menunjukkan bahwa makna adalah hubungan antara realita dan bahasa. Sementara realita mencakup segala sesuatu yang berada di luar bahasa.

   3.2. Bahasa dan Perilaku
        Dengan memakai pengertian yang diberikan oleh Bolinger (1981) tentang realita, pengetahuan dunia dapat diartikan identik dengan pengetahuan realita. Bagaimana manusia memperoleh bahasa dapat dijelaskan dengan teori-teori pemerolehan bahasa. Sedangkan pemerolehan pengetahuan dunia (realita) atau proses penghubungan bahasa dan realita pada prinsipnya sama, yakni manusia memperoleh representasi mental realita  melalui pengalaman yang langsung atau melalui pemberitahuan orang lain.

4. Fungsi Bahasa
     Menurut Felicia (2001 : 1), dalam berkomunikasi sehari-hari, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Komunikasi lisan atau nonstandar yang sangat praktis menyebabkan kita tidak teliti berbahasa. Akibatnya, kita mengalami kesulitan pada saat akan menggunakan bahasa tulis atau bahasa yang lebih standar dan teratur.
     Menurut Sunaryo (2000 : 6), tanpa adanya bahasa (termasuk bahasaIndonesia) iptek tidak dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu bahasa Indonesia di dalam struktur budaya, ternyata memiliki kedudukan, fungsi, dan peran ganda, yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
     Hasil pendayagunaan daya nalar itu sangat bergantung pada ragam bahasa yang digunakan. Pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan menghasilkan buah pemikiran yang baik dan benar pula. Kenyataan bahwa bahasa Indonesia sebagai wujud identitas bahasa Indonesia menjadi sarana komunikasi di dalam masyarakat modern. Bahasa Indonesia bersikap luwes sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai sarana komunikasi masyarakat modern.

   4.1 Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri
      Sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri, bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada kita, sekurang-kurangnya untuk memaklumkan keberadaan kita. Unsur-unsur yang mendorong ekspresi diri antara lain :
- Agar menarik perhatian orang lain terhadap kita
- Keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi
     Pada taraf permulaan, bahasa pada anak-anak sebagian berkembang sebagai alat untuk menyatakan dirinya sendiri.


   4.2 Bahasa sebagai Alat Komunikasi
      Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Dengan komunikasi pula kita mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita, serta apa yang dicapai oleh orang-orang yang sezaman dengan kita.
      Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga. Ia mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita.

   4.3 Bahasa sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial
      Cara berbahasa tertentu selain berfungsi sebagai alat komunikasi, berfungsi pula sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial. Bahasa disamping sebagai salah satu unsur kebudayaan, memungkinkan pulamanusia memanfaatkan pengalaman-pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian dalam pengalaman-pengalaman itu, serta belajar berkenalan dengan orang-orang lain.


   4.4 Bahasa sebagai Alat Kontrol Sosial
       Contoh fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial yang sangat mudah kita terapkan adalah sebagai alat peredam rasa marah. Menulis merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meredakan rasa marah kita. Tuangkanlah rasa dongkol dan marah kita ke dalam bentuk tulisan. Biasanya, pada akhirnya, rasa marah kita berangsur-angsur menghilang dan kita dapat melihat persoalan secara lebih jelas dan tenang.

BAB 2
RAGAM DAN LARAS BAHASA

1. Ragam Bahasa
     Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara.
    Menurut Dendy Sugono, bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa Indonesia, timbul dua masalah pokok, yaitu masalah penggunaan bahasa baku dan tak baku.
    Menurut Felicia (2001 : 8), ragam bahasa dibagi berdasarkan :

     1. Media pengantarnya atau sarananya, yang terdiri atas :

  a. Ragam lisan

          Ragam lisan adalah bahasa yang diujarkan oleh pemakai bahasa. Kita dapat menemukan ragam lisan yang standar, misalnya pada saat orang berpidato atau memberi sambutan, dalam situasi perkuliahan, ceramah; dan ragam lisan yang nonstandar, misalnya dalam percakapan antarteman, di pasar, atau dalam kesempatan nonformal lainnya.
 b. Ragam Tulis
   Ragam tulis adalah bahasa yang ditulis atau yang tercetak. Ragam tulis pun dapat berupa ragam tulis yang standar maupun nonstandar. Ragam tulis yang standar kita temukan dalam buku-buku pelajaran, teks, majalah, surat kabar, poster, iklan. Kita juga dapat menemukan ragam tulis nonstandar dalam majalah remaja, iklan, atau poster.

2. Berdasarkan situasi dan pemakaian
   Ragam bahasa baku dapat berupa : (1) ragam bahasa baku tulis dan (2) ragam bahasa baku lisan. Dalam penggunaan ragam bahasa baku tulis makna kalimat yang diungkapkannya tidak ditunjang oleh situasi pemakaian, sedangkan ragam bahasa baku lisan makna kalimat yang diungkapkannya ditunjang oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan unsur kalimat. Oleh karena itu, dalam penggunaan ragam bahasa baku tulis diperlukan kecermatan dan ketepatan di dalam pemilihan kata, penerapan kaidah ejaan, struktur bentuk kata dan struktur kalimat, serta kelengkapan unsur-unsur bahasa di dalam struktur kalimat.
   Ragam bahasa baku lisan didukung oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan kalimat. Namun, hal itu tidak mengurangi ciri kebakuannya. Walaupun demikian, ketepatan dalam pilihan kata dan bentuk kata serta kelengkapan unsur-unsur di dalam kelengkapan unsur-unsur di dalam struktur kalimat tidak menjadi ciri kebakuan dalam ragam baku lisan karena situasi dan kondisi pembicaraan menjadi pendukung di dalam memahami makna gagasan yang disampaikan secara lisan.

   Contoh perbedaan ragam bahasa lisan dan ragam bahasa tulis(berdasarkan tata bahasa dan kosa kata):

1. Tata Bahasa
      (Bentuk kata, Tata Bahasa, Struktur Kalimat, Kosa Kata)
      a. Ragam bahasa lisan :
         - Tapi kau tak boleh nolak lamaran itu.
         - Mereka tinggal di Harapan Indah.
         - Saya akan tanyakan soal itu.
      b. Ragam bahasa Tulis :
         - Namun, engkau tidak boleh menolak lamaran itu.
         - Mereka bertempat tinggal di Harapan Indah.
         - Akan saya tanyakan soal itu.

    2. Kosa kata
       Contoh ragam lisan dan tulis berdasarkan kosa kata:
       a. Ragam Lisan
         - Ariani bilang kalau kita harus belajar
          - Kita harus bikin karya tulis
          - Rasanya masih terlalu pagi buat saya, Pak
       b. Ragam Tulis
          - Ariani mengatakan bahwa kita harus belajar
          - Kita harus membuat karya tulis.
          - Rasanya masih terlalu muda bagi saya, Pak.

      Istilah lain yang digunakan selain ragam bahasa baku adalah ragam bahasa standar, semi standar dan nonstandar.
a. ragam standar,
b. ragam nonstandar,
c. ragam semi standar.

     Pembedaan antara ragam standar, nonstandar, dan semi standar dilakukan berdasarkan :
a. topik yang sedang dibahas,
b. hubungan antarpembicara,
c. medium yang digunakan,
d. lingkungan, atau
e. situasi saat pembicaraan terjadi.

    Ciri yang membedakan antara ragam standar, semi standar dan nonstandar :
• penggunaan kata sapaan dan kata ganti,
• penggunaan kata tertentu,
• penggunaan imbuhan,
• penggunaan kata sambung (konjungsi), dan
• penggunaan fungsi yang lengkap.

2. Laras Bahasa
    Setiap laras memiliki cirinya sendiri dan memiliki gaya terendiri. Setiap laras dapat disampaikan secara lisan atau tulis dan dalam bentuk standar, semi standar, atau nonstandar. Laras bahasa yang akan kita bahas dalam kesempatan ini adalah laras ilmiah.
   Pada saat digunakan sebagai alat komunikasi, bahasa masuk dalam berbagai laras sesuai dengan fungsi pemakaiannya. Jadi, laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan pemakaiannya. Dalam hal ini kita mengenal iklan, laras ilmiah, laras ilmiah populer, laras feature, laras komik, laras sastra, yang masih dapat dibagi atas laras cerpen, laras puisi, laras novel, dan sebagainya.
 

Shout Me

Name :
Web URL :
Message :

Facebook Minisite