Sabtu, 28 November 2009

TEORI ORGANISASI UMUM ~ kEpEmIMpINaN dALaM orGAniSAsI

0
Definisi Kepemimpinan

Kepemimpinan (Leadership) merupakan bagian tersendiri dari sebuah manajemen. Secara umum kepemimpinan merupakan pelaku atau seseorang yang melakukan kegiatan kepemimpinan, yaitu seseorang yang melakukan suatu proses yang berisi rangkaian kegiatan saling pengaruh - mempengaruhi, berkesinambungan dan terarah pada suatu tujuan. Kepemimpinan yang efektif itu harus selalu memberikan pengarahan terhadap usaha para pekerja untuk dapat mencapai suatu tujuan organisasi, dan apabila tidak adanya kepemimpinan maka hubungan antar perseorangan dengan suatu organisasi mungkin akan merenggang.
Oleh karena itu suatu kepemimpinan sangat diperlukan apabila suatu organisasi ingin mencapai kesuksesan. Namun sebenarnya kepemimpinan itu sendiri masih merupakan suatu konsep yang sulit diterangkan atau merupakan sebuah "kotak hitam" (black box) yang sangat indah. Sebelum mencoba untuk menganalisa kedudukan suatu kepemimpinan dalam suatu organisasi perlu ditelusuri dahulu perkembangan teori kepemimpinannya.
1. Teori sifat kepemimpinan
Ciri kesuksesan kepemimpinan suatu organisasi :
- Kecerdasan (Intellegence).
- Kedewasaan sosial dan hubungan sosial yang luas.
- Motivasi diri dan dorongan berprestasi.
- Sikap hubungan manusiawi.
2. Teori kelompok
Dalam teori ini menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan suatu kelompok harus ada pertukaran yang positif antara pemimpin dan bawahan.
3. Teori situasional
Situasi ini digambarkan dalam dimensi empirik :
- Hubungan antar pimpinan - anggota.
- Tingkat dalam struktur tugas.
- Posisi kekuasaan.
4. Teori Path - Goal
Dalam teori ini menggambarkan pengaruh (dampak) kepemimpinan terutama perilaku pemimpin terhadap motivasi bawahan, kepuasan dan pelaksanaan kerja.
Tipe gaya pokok perilaku pemimpin :
- Kepemimpinan Direktif.
- Kepemimpinan Suportif.
- Kepemimpinan Partisipatif.
- Kepemimpinan orientasi prestasi.

Bentuk - Bentuk Kepemimpinan

1. Tipe Otoriter
Di dalam kepemimpinan ini, pemimpin bertindak sebagai diktator terhadap anggota - anggota kelompoknya. pemimpin yang otoriter tidak menghendaki rapat atau musyawarah. kekuasaan seperti ini dapat menimbulkan sikap menyerah tanpa kritik dan kecenderungan untuk mengabaikan perintah dan tugas jika tidak ada pengawasan langsung.
2. Tipe Laissez - Faire
Dalam kepemimpinan ini sebenarnya pemimpin tidak memberikan kepemimpinannya, dia membiarkan bawahannya berbuat semaunya. pemimpin sama sekali tidak memberikan control dan koreksi terhadap pekerjaan bawahannya. kekuasaan ini dapat menimbulkan kekacauan - kekacauan dan bentrokan - bentrokan.
3. Demokratis
Di dalam kepemimpinan ini, pemimpin ikut berbaur di tengah - tengah anggota - anggota kelompoknya. kekuasaan ini selalu berusaha membangun semangat anggota kelompok dalam menjalankan dan mengembangkan daya kerjanya dengan cara memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan.
4. Pseudo - Demokratis
pemimpin ini menganut demokrasi semu dan lebih mengarah kepada kegiatan pemimpin yang otoriter dalam bentuk yang halus, samar - samar, dan yang mungkin dilaksanakan tanpa disadari bahwa tindakan itu bukan tindakan pimpinan yang demokratis.

Unsur - Unsur Kepemimpinan

  • Mempengaruhi orang lain agar melakukan sesuatu.
  • Memperoleh konsensus atau suatu pekerjaan.
  • Untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Untuk memperoleh manfaat bersama.
Tugas Kepemimpinan

  • Mengambil keputusan.
  • Mengembangkan informasi.
  • Memelihara dan mengembangkan loyalitas anggota.
  • Memberi dorongan dan semangat pada anggota.
  • Bertanggungjawab atas semua aktivitas kegiatan.
  • Melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan.
  • Memberikan penghargaan pada anggota yang berprestasi.

####################################################################


1. Ada beberapa teori yang berusaha menganalisa kedudukan kepemimpinan dalam suatu organisasi antara lain :
a. teori situasional
b. teori kelompok
c. teori path - goal
d. semua jawaban benar **

2. Organisasi sebagai suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan - hubungan kerja dari orang - orang dalam satu kelompok kerja adalah definisi organisasi menurut :
a. Cyril Soffer
b. Ernest Dale **
c. Kast & Rosenzweig
d. Cormin & Edelfelt

3. Dalam teori organisasi modern disebutkan bahwa kerja suatu organisasi adalah :
a. kompeks
b. dinamis
c. multilevel
d. semua jawaban benar **

4. Teori administrasi dikembangkan oleh :
a. Max Weber
b. Henry Fayol **
c. FW. Taylor
d. tidak ada jawaban yang benar

5. Gaya kepemimpinan adalah suatu cara pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya, secara relatif ada beberapa gaya kepemimpinan yang berbeda yaitu :
a. otokratis
b. demokratis
c. laissez faire
d. semua jawaban benar **

6. Suatu kepemimpinan dilihat dari sisi level atau tingkatannya yaitu :
a. Top leader
b. Middle leader
c. Lower leader
d. Semua jawaban benar **

7. Hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sama dalam hubungan tugas untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan merupakan pengertian kepemimpinan menurut :
a. George R. Terry **
b. WilliamJ. Redden
c. Hebert A.
d. Elbing

8. Menurut Horoid Koontz dan Cyrel O'Donnel agar kepemimpinan berjalan dengan baik maka dibutuhkan pemimpin dengan ciri :
a. Ahli dalam bidang sosial
b. Memberi aturan main
c. Tingkat kecerdasan yang tinggi dan matang dalam emosi dan pikiran **
d. Menasehati rakyat

9. Suatu pemimpin yang bertindak sebagai diktator terhadap anggota - anggota kelompoknya merupakan tipe kepemimpinan:
a. Pseudo - Demokratis
b. Otoriter **
c. Laissez - Faire
d. Demokratis

10. Keith Davis mengikhtisarkan beberapa ciri utama yang mempengaruhi kesuksesan kepemimpinan seperti di bawah ini, kecuali :
a. Kemampuan ekonomi **
b. Kecerdasan
c. Kedewasaan
d. Sikap hubungan manusiawi

KETERANGAN : ** Jawaban yang benar

 

Shout Me

Name :
Web URL :
Message :

Facebook Minisite